HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSI NU DEMAK
Abstract
Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi interpersonal yang dilakukan antara perawat dan petugas kesehatan lainnya dengan pasien yang berfokus pada kesembuhan pasien. Perawat dapat melaksanakan komunikasi terapeutik yang efektif, perawat harus memiliki kesadaran diri - sendiri, klarifikasi nilai, perasaan dan mampu bertanggung jawab. Perawat yang menggunakan keterampilan komunikasi interpersonalnya untuk mengembangkan hubungan dengan pasien yang akan menghasilkan pemahaman tentang pasien sebagai manusia yang utuh dan akan meningkatkan kepuasan bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan gambaran komunikasi terapeutik, gambaran kepuasan pasien, hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI NU Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 90 pasien dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Pengolahan dan analisa data menggunakan program SPSS for windows Release 17.0 dengan uji chi square. Hasil penelitian univariat menunjukkan bahwa karakteristik usia pasien sebagian besar berusia ³ 35 tahun sebanyak 49 pasien (54,4 %), jenis kelamin hasilnya sama, sebanyak 45 pasien (50,0 %), berpendidikan menengah sebanyak 41 pasien (45,6 %), komunikasi terapeutik perawat yang dipersepsikan oleh pasien paling tinggi sebanyak 52 pasien (57,8%), kepuasan pasien paling baik sebanyak 49 pasien (54,4%). Hasil penelitian bivariat dari uji statistik Chi Square diperoleh tidak ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSI NU Demak (p=0,348 ≥ α=0,05 artinya tidak ada hubungan secara signifikan). Rekomendasi pada penelitian ini adalah agar meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit sehingga memberikan kepuasan bagi pasien, khususnya cara melaksanakan tahap-tahap komunikasi terapeutik secara benar.
Kata Kunci: Komunikasi terapeutik, perawat, dan kepuasan pasien