HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN POLA ASUH IBU TERHADAP KEMAMPUAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PAUD ASA BUNDA SEMARANG.

Wieke Effendi

Abstract


Menurut hasil observasi sementara oleh peneliti di PAUD ASA BUNDA bahwa banyak ibu-ibu yang belum banyak mengajakan anaknya cara toilet training dengan baik, seperti masih banyak anak-anak yang menggunakan pampers dan kencing sembarangan di PAUD ASA BUNDA Semarang.
Penelitian ini bertujuan Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan pola asuh ibu terhadap kemampuan toilet training pada anak usia 2-3 tahun di PAUD ASA BUNDA Semarang.
toilet training adalah suatu usaha untuk melatih anak untuk mengontrol dalam melakukan buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu dan ini setelah orang melakukan penginderaan terhadap obyek tertentu. Pola asuh adalah pola interaksi antara orang tua dan anak, yaitu bagaimana cara sikap atau perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak, termasuk cara penerapan aturan, mengajarkan nilai atau norma, memberikan perhatian dan kasih sayang serta menunjukkan sikap dan perilaku baik sehingga dijadikan panutan bagi anaknya.
Jenis penelitian ini adalah cross sectional dengan jumlah responden 74 ibu di PAUD ASA BUNDA dengan metode total sampling. Analisa data dilakukan dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagaian umur responden didapat >35 (36,5%). Pengetahuan ibu dalam toilet training sebagian besar 52 responden (70,3%). Pola asuh dalam toilet training sebagaian besar 45 responden (60,8%). kemampuan ibu dalam pelatihan toilet training (86,4 %). Hasil uji bivariat menunjukan ada hubungan antara pengetahuan ibu dan kemampuan toilet training pada anak usia 2-3 tahun di peroleh p value = 0,000 < 0,05. Ada hubungan antara pola asuh ibu dengan kemampuan toilet training pada anak usia 2-3 tahun di peroleh p value = 0,000 < 0,05.
Berdasarkan kesimpulan diatas, sebaiknya orang tua mencari informasi yang sebanyak-banyaknya tentang toilet training, dan melakukan pelatihan khusus untuk ibu-ibu tentang toilet training yang benar, sehingga nantinya akan dapat melakukan toilet training yang baik untuk anak-anaknya.


Kata kunci : Pengetahuan, pola asuh, dan toilet training


Full Text: DOWNLOAD PDF