PEMAHAMAN DAN PERILAKU PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN PERAN ADVOKAT PASIEN DI RUMAH SAKIT

Maria Suryani

Abstract


Salah satu peran perawat adalah peran advokat. Dalam melaksanakan peran ini perawat perlu memposisikan dirinya sebagai pasien. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman dan perilaku perawat dalam melaksnaakan advokasi klien di rumah sakit. Desain penelitian ini adalah kualitatif etnografi. Sample penelitian dari penelitian ini adalah 2 orang kepala ruangan dan 18 perawat pelaksana di suatu rumah sakit di Jakarta. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan diskusi kelompok terfokus dengan menggunakan catatan lapangan, video dan radio untuk merekam. Hasil penelitian ini ditemukan lima tema, dimana setiap tema memiliki dua sampai tiga sub tema. Tema pertama dan ketiga adalah pemahaman perawat kepala ruangan dan perawat pelaksana tentang advokasi. Mereka memahami bahwa mereka seharusnya melindungi dan berbicara atas nama pasien. Tema kedua dan ke empat tentang perilaku perawat kepala ruangan dan perawat pelaksana tentang advokasi. Mereka mempersepsikan bahwa mereka telah melaksanakan peran advokasi. Bagaimanapun sebagian besar dari mereka masih menggunakan bentuk komunikasi otoriter yang terlihat dari hasil observasi. Hanya sedikit dari mereka yang menggunakan bentuk komunikasi advokasi. Tema ke lima tentang pemahaman kepala ruangan terhadap perilaku perawat pelaksana dalam advokasi. Dari hasil diskusi disimpulkan bahwa evaluasi pelaksanaan advokasi di ruangan oleh kepala ruangan sudah cukup baik. Mereka percaya bahwa perilaku perawat pelaksana dipengaruhi oleh karakteristik individu. Supervisi oleh kepala ruangan yang adekuat merupakan issue lain yang dikemukakan oleh partisipan dalam penelitian ini yang harus lebih diintensifkan dalam melaksanakan peran advokasi. Saran dari penelitian ini adalah perlu adanya pengenalan peran advokasi ini pada profesi lain, khususnya profesi kedokteran sebagai mitra perawat dalam bekerja. Rekomendasi juga diberikan kepada komite keperawatan untuk melaksanakn peran mereka secara aktif dengan membuat standar pelaksanakan advokasi pasien.

 

Kata kunci : pemahaman, perilaku, perawat, peran advokat


Full Text: DOWNLOAD PDF