PROGRAM STUDI SI ILMU KEPERAWATAN STIKES TELOGOREJO SEMARANG

Tri Yoga Abednego, Eko Jemi Santoso, - Targunawan

Abstract


Guru TK memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam melakukan pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan anak karena anak merupakan harapan bangsa indonesia di masa mendatang. Seorang guru TK harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik terutama tentang
pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan keterampilan guru TK tentang pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah di Kecamatan Sapuran Wonosobo. Pengetahuan memiliki
pengertian yaitu hasil penginderaan manusia, atau hasil tau seseorang terhadap objek melalui indera yang dimilikinya. Pengetahuan akan menimbulkan kesadaran pada setiap orang berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Pengetahuan dapat mempengaruhi keterampilan seorang guru
TK terutama keterampilan dalam pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah. Keterampilan sendiri mempunyai arti kemampuan melakukan pola-pola tingkah laku yang kompleks dan tersusun rapi secara mulus dan sesuai dengan keadaan untuk mencapai hasil tertentu. Jenis
penelitian ini adalah deskripsi korelasi menggunakan rancangan cross sectional, dilakukan pada 60 guru TK yang mempunyai anak usia prasekolah, dengan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji spearman rank (rho), diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) untuk
pengetahuan guru TK dan p sebesar 0,000 (p < 0,05) untuk keterampilan guru TK. Sehingga disimpulkan ada hubungan antara pengetahuan guru TK dengan keterampilan guru TK tentang pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah di Kecamatan Sapuran Wonosobo. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya diberikan penyuluhan informasi kepada guru TK dan masyarakat tentang pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah.

Kata Kunci: Pengetahuan guru TK, Keterampilan guru TK, Pemeriksaan pertumbuhan dan
pengetahuan anak.


Full Text: DOWNLOAD PDF