ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN. M DENGAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI RUANG B III KIRI RUMAH SAKIT TELOGOREJO SEMARANG

Suciwati -

Abstract


Penyakit Demam Berdarah (DBD) atau Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus.Sejak pertama kali ditemukan, jumlah kasus menunjukkan kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun baik dalam jumlah maupun luas wilayah yang terjangkit.Menurut WHO, negara Indonesia ialah negara dengan kasus DBD tertinggi di Asia Tenggara sejak tahun 1968 hingga 2009.Tahun 2014 jumlah kasus DHFdi Indonesia sejumlah 1.628 kasus atau turun 31,13% dari 2.364 kasus pada Tahun 2013. Sedangkan Inciden Rate DHF Tahun 2013 yang semula 134,09 turun menjadi 92,43 atau turun 41,47 % pada tahun 2014. Jumlah Kematian pada Tahun 2014 27 kasus atau tetap sama dari Tahun 2013 yang berjumlah 27 kasus.

Tujuan Umum:Laporan kasus ini adalah untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman secara langsung pada klien dengan Demam Berdarah Dengue melalui pendekatan proses keperawatan secara komprehensif.

Metode Penulisan:Dalam penyusunan laporan kasus ini menggunakan metode deskriftif yaitu dengan mengungkapkan fakta-fakta sesuai dengan data-data yang didapat.

Hasil: Dari pengkajian yang dilakukan ditemukan tiga diagnosa yaitu hipertermi, resiko nutrisi kurang dari kebutuhan berhubungan dengan asupan nutrisi tidak adequat, resiko kekurangan cairan berhubungan dengan peningkatan permeabilitas kapiler.

Keyword: Demam Berdarah Dengue,  asuhan keperawatan

Full Text: PDF