PENGARUH TERAPI BERMAIN MEMANCING TERHADAPPERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAHDI TK TARBIYATUL ATHFAL XVIII SEMARANG

Welly Idha Pangestuti, Dera Alfiyanti, S. Eko Purnomo

Abstract


Anak pra sekolah di Indonesia banyak terdaftar dalam PAUD sebesar 19%. Usia tersebut merupakan periode keemasan dalam proses perkembangan kognitif, fisik, psikososial seorang anak. Namun sebagian anak di TK Tarbiyatul Athfal XVIII Semarang belum mampu menyebutkan beberapa warna, angka, huruf abjad, hal ini menunjukkan kemampuan kognitif belum optimal. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif dengan memberikan stimulus dalam bentuk permainan memancing. Tujuan terapi memancing untuk meningkatkan perkembangan kognitif. Desain penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dan pendekatan one group pretest-posttest design, dengan sampel 38 responden diperoleh dari teknik total sampling, pengumpulan data dengan lembar observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah wilcoxon signed rank test untuk menemukan perbedaan sebelum Z = 5,377 disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain memancing terhadap perkembangan kognitif anak usia pra sekolah di TK Tarbiyatul Athfal XVIII Semarang. Rekomendasi dari penelitian ini bagi TK dapat menggunakan terapi bermain memancing agar perkembangan kognitif anak lebih meningkat.

Full Text: PDF