PERBEDAAN PENGARUH TEKNIK MODELLING VIDEO DAN TEKNIK BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN TOILET TRAINING ANAK PRASEKOLAH DI TK ISLAM TERPADU SATRIA HASANUDIN SEMARANG

Intan Puspitasari, Sri Hartini, Ulfa Nurullita

Abstract


Toilet Training merupakan proses pengajaran untuk kontrol buang air besar dan buang air kecil secara benar dan teratur. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh teknik modelling video dan teknik bercerita terhadap kemampuan toilet training. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan pre test-post test design. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 40 responden dibagi menjadi kelompok teknik modelling video dan teknik bercerita. Hasil penelitian didapatkan p value 0,000 yang artinya p value ≤0,05 sehingga ada perbedaan pengaruh teknik modelling video dan teknik bercerita terhadap kemampuan toilet training anak prasekolah di TK Islam Terpadu Satria Hasanudin Semarang. Kesimpulan: teknik modelling video lebih dapat meningkatkan kemampuan toilet training anak.

Full Text: PDF