EFEKTIFITAS MODELING VIDEO ANIMASI CUCI TANGAN TERHADAP PRAKTEK CUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK TARBIYATUL ATHFAL 01 BOJA

Devia Rismawanti, Dera Alfiyanti, Ulfa Nurullita

Abstract


Upaya pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun. Kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke tubuh dikarenakan tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan hidung dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan modeling media video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap perubahan praktek cuci tangan pada anak usia prasekolah di TK Tarbiyatul Athfal 01 Boja. Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Berdasarkan observasi sebelum pemberian modeling video animasi terdapat 23 anak (49,9%) berskor kurang, sedangkan setelah diberikan modeling video animasi sebanyak 3 kali tidak ada responden berskor kurang. Dari hasil analisis menggunakan Wilcoxon diperoleh hasil p value= 0,000, Ho ditolak sehingga dapat disimpulakan bahwa ada perubahan praktek cuci tangan pada anak usia prasekolah sesudah diberikan modeling video animasi cuci tangan, sehingga modeling video efektif untuk meningkatkan kemampuan praktek cuci tangan anak usia prasekolah. Hasil penelitian ini bisa dijadikan pedoman agar pendidikan TK menerapkan pembelajaran yang menstimulasi perkembangan kemampuan kognitif, psikomotr, dan afektif dengan memberikan modeling video animasi.

Full Text: PDF