EFEKTIVITAS DEMONSTRASI DAN BERNYANYI LAGU CUCI TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK PGRI 38 SEMARANG

Ferina Fadhmasari, Sri Hartini, Rahayu Astuti

Abstract


Di Indonesia, angka kejadian diare pada usia balita tahun 2013 sebesar 10,2%. Menurut WHO, cuci tangan pakai sabun mampu mengurangi angka diare sebesar 45%. Salah satu perilaku yang mempengaruhi kondisi sehat adalah cuci tangan. Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas demonstrasi dan bernyanyi lagu cuci tangan terhadap kemampuan cuci tangan pada anak prasekolah di TK PGRI 38 Semarang. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experiment, dengan desain penelitian pretest-posttest design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 36 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan dilanjutkan dengan menganalisis kedua intervensi menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan perubahan kemampuan cuci tangan sebelum dan sesudah diberikan demonstrasi, dengan jumlah rata-rata 64,94 menjadi 97,33 sesudah diberikan demonstrasi. Sedang untuk bernyanyi lagu cuci tangan juga menunjukkan perubahan kemampuan cuci tangan sebelum dan sesudah diberikan bernyanyi lagu cuci tangan, dengan jumlah rata-rata 65,50 menjadi 98,67 sesudah diberikan bernyanyi lagu cuci tangan. Dari kedua intervensi tersebut diuji menggunakan uji Mann Whitney didapatkan hasil p value = 0,540, dapat disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan sesudah diberikan tindakan demonstrasi dan bernyanyi lagu cuci tangan, maka kedua intervensi ini dapat meningkatkan kemampuan cuci tangan pada anak prasekolah di TK PGRI 38 Semarang.

Full Text: PDF