PENGARUH TERAPI BERMAIN MENGGUNTING KAIN FLANEL TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DALAM KEGIATAN MENGGUNTING DI TK TARBIYATUL ATHFAL 31 SEMARANG

Hesti Dian Permata, Sri Hartini M.A., Rahayu Astuti

Abstract


Perkembangan motorik dapat dilatih dengan kegiatan bermain. Menggunting merupakan salah satu kegiatan bermain yang paling anak sukai, dengan kegiatan menggunting motorik halus pada anak akan terasah. Menggunting merupakan salah satu kegiatan bermain dengan menggunakan koordinasi jari-jari tangan yang bertujuan untuk melatih motorik halus pada anak, menggunting bukan hanya dengan media kertas saja tetapi juga bisa menggunakan media lain yaitu dengan menggunakan kain flanel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain menggunting kain flanel terhadap peningkatan perkembangan motorik halus pada anak prasekolah. Desain penelitian adalah quasi experiment dengan pendekatan one group pre and post design, jumlah responden 39 dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 39 siswa. Uji statistik yang digunakan Uji Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh terapi bermain menggunting kain flanel terhadap peningkatan perkembangan motorik halus pada anak di TK Tarbiyatul Athfal 31 Semarang dengan p value 0,000. Hasil penelitian ini merekomendasikan bagi institusi TK Tarbiyatul Athfal 31 Semarang agar terapi bermain menggunting kain flanel dapat dijadikan salah satu terapi bagi anak untuk meningkatkan motorik halus.

Full Text: PDF