PENGARUH TERAPI REKREASI PERMAINAN CROCODILE RIVER TERHADAP HARGA DIRI RENDAH SITUASIONAL SISWA DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG YANG MENGALAMI BULLYING
Abstract
Bullying di lingkungan sekolah sering terjadi dan menimbulkan dampak serius bagi korbannya. Seseorang yang tidak mempunyai koping adaptif ketika mengalami bullying dapat terjadi masalah psikologis, salah satunya harga diri rendah situasional. Terapi rekreasi permainan Crocodile River merupakan salah satu terapi permainan yang bertujuan untuk membantu menghadapi stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi rekreasi permainan crocodile river terhadap harga diri rendah situasional pada siswa SMA yang mengalami bullying di Kota Semarang. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-post test without control. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas X yang mengalami bullying di SMA Kesatrian 1 berjumlah 51 siswa dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian sebagian besar responden berusia 16 tahun yaitu sebanyak 52,9% dan berjenis kelamin perempuan yaitu 60,8%. Ada pengaruh terapi rekreasi permainan crocodile river terhadap para remaja dengan harga diri rendah situasional akibat bullying dengan nilai p value 0,000 (α < 0,05). Hasil penelitian ini untuk siswa yang mengalami bullying dapat melakukan terapi rekreasi crocodile river.