EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI PEER GROUP TENTANG PHBS TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MEMBUANG SAMPAH SISWA SDN SENDANGMULYO 01 SEMARANG

Olivia Novita Sari, Elis Hartati, Mamat Supriyono

Abstract


Anak usia sekolah merupakan usia yang rentan terhadap masalah kesehatan, salah satunya tentang membuang sampah sembarangan. Penyakit yang dapat ditimbulkan akibat membuang sampah sembarangan yaitu diare dengan 38001 kasus, difteri 2 orang meninggal dan penyakit demam berdarah sebanyak 2364 kasusu. Upaya yang dilakukan untuk membentuk perilaku anak usia sekolah yaitu dengan cara dilakukan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan yang dilakukan dengan cara pendekatan melalui peer group, karena mempunyai karakteristik yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan melalui peer group terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku membuang sampah siswa SDN Sendangmulyo 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperiment dengan rancangan pre and post test without control. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 73 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Uji statistik yang digunakan menggunakan uji Mc. Nemar. Hasil analisa pre didapatkan jumlah siswa yang mempunyai pengetahuan baik ada 27 siswa dan post test meningkat menjadi 71 siswa, didapatkan nilai p value 0,001. Hasil analisa pre dari sikap baik ada 15 siswa dan post test meningkat menjadi 69 siswa, didapatkan nilai p value 0,001.Hasil analisa pre dari perilaku yang baik ada 6 siswa dan post test meningkat menjadi 71 siswa, didapatkan nilai p value 0,001. Ketiga variabel tersebut menunjukkan p value 0,001. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas pendidikan kesehatan melalui peer group terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku membuang sampah siswa SDN Sendangmulyo 01 Semarang. Saran bagi sekolah dapat memonitor peran peer group dalam penerapan membuang sampah sesuai dengan kriteria organik dan anorganik, sehingga dapat menjadikan budaya yang baik bagi siswa.

Full Text: PDF