PENGARUH TERAPI BERMAIN MENGGAMBAR DEKORATIF TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA RACI KABUPATEN PATI

Anggi Karina Suwandi, Dera Alfiyanti, Ulfa Nurullita

Abstract


Anak usia prasekolah adalah pribadi yang mempunyai berbagai macam potensi, potensi-potensi dapat dirangsang dan dikembangkan agar pribadi anak tersebut berkembang secara optimal. Perkembangan motorik halus mempunyai beberapa stimulasi untuk anak usia 4-5 tahun yaitu dengan menggunting dan menggambar. Terapi bermain menggambar dekoratif adalah suatu proses menggambar yang ditujukkan untuk hiasan. Kegiatan menggambar dekoratif melibatkan otot,syaraf dan jari-jari tangan yang memungkinkan untuk mengembangkan motorik halus pada anak. Menggambar dekoratif diberikan kepada anak usia prasekolah melalui menggambar dan meghias gabungan beberapa motif dan komposisi warna dengan berbagai media seperti cat air dan krayon. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan quasy eksperiment, dengan design One Group Pretest-postesst design dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar Denver II. Untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan peneliti menggunakan analisa Wilcoxon. Dengan hasli menunjukkan nilai p value 0,000 kurang dari atau sama dengan 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi menggambar dekoratif terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Raci Kabupaten Pati. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan guru dapat menambahkan tugas untuk dapat melihat perkembangan anak.

Full Text: PDF