PENGARUH TERAPI SENSE OF HUMOR TERHADAP TINGKAT EMOSIONAL GURU DALAM MENGAJAR DI SMP NEGERI 2 KENDAL

Dwi Anisa, Titik Suerni, Budi Widiyanto

Abstract


Emosi adalah suatu pengalaman psikosiologika yang komplek yang dirasakan individu yang berinteraksi dengan pengaruh biokimia (internal) dan lingkungan (eksternal). Penatalaksanaan yang bisa digunakan pada emosional adalah terapi komplementer, salah satunya yaitu dengan menggunakan terapi sense of humor. Humor terapi atau terapi humor adalah penggunaan humor untuk mengurangi rasa sakit fisik atau emosional dan stress. Tujuannya adalah mengurangi stress, emosional  dan meningkatkan kualitas hidup seseorang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi sense of humor terhadap tingkat emosional guru dalam mengajar di SMP Negeri 2 Kendal. Penelitian ini dilakukan selama dua minggu dengan memberikan terapi humor sebanyak 3 kali. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian one-group pra-post design. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMP Negeri 2 Kendal sebanyak 42 guru. Dan sampel yang diambil dengan teknik Total Sampling. Untuk mengetahui pengaruh terapi sense of humor terhadap tingkat emosional guru digunakan uji Chi Square dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis statistik (uji Chi Square) didapatkan hasil p value sebesar 0.000, karena nilai p value < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa terapi sense of humor memberi dampak yang sangat signifikan atau sangat berpengaruh terhadap penurunan tingkat emosional guru dalam mengajar. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar, pengetahuan, dan masukan untuk peneliti selanjutnya yang berkaitan dengan emosional. Selain itu dapat di modifikasi dengan menambahkan jumlah sampel,  menambahkan variabel atau membandingkan efektifitasnya dengan variabel lain.


Full Text: PDF