EFEKTIFITAS TERAPI BERNYANYI (MANTRA OM) TERHADAP TINGKAT ANSIETAS SISWA MENJELANG UJIAN DI SMA N 1 KRADENAN

Dora Ayu Citradewi, Titik Suerni, Budi Widiyanto

Abstract


Gangguan Jiwa adalah pola perilaku seseorang yang secara klinis cukup bermakna dan secara khas berkaitan dengan suatu gejala penderitanya seperti distress atau kecemasan (ansietas) yang bersifat ringan sampai berat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi bernyanyi (mantra om) terhadap tingkat ansietas siswa menjelang ujian di SMA N 1 Kradenan. Desain penelitian ini menggunakan One-group pre-post test design dengan rancangan pre-eksperimental.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMA N 1 Kradenan tahun ajaran 2016/2017. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa dengan teknik cross sectional. Hasil penelitian menunjukan, rata-rata responden berusia 16 tahun dan berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 62 responden (77,5%). Tingkat ansietas sebelum dilakukan terapi bernyanyi (mantra om) pada siswa yang menjelang ujian di SMA N 1 Kradenan sebagian besar mengalami ansietas sedang sebanyak 65 responden (81,3%). Sesudah dilakukan terapi bernyanyi (mantra om) pada siswa yang menjelang ujian di SMA N 1 Kradenan sebagian besar menjadi asnietas ringan sebanyak 60 responden (75,0%). Ada pengaruh efektifitas terapi bernyanyi (mantra om) terhadap tingkat asnietas siswa menjelang ujian di SMA N 1 Kradenan dengan nilai p value =0,000 (α <0,05). Rekomendasi hasil dari penelitian ini adalah diharapkan siswa untuk lebih tenang dengan cara menghibur diri, optimis, belajar serta tetap percaya pada diri sendiri bahwa yakin akan lulus dengan nilai yang memuaskan.


Full Text: PDF