PENGARUH PERMAINAN CROCODILE RIVER TERHADAP MOTIVASI BERSOSIALISASI DENGAN TEMAN SEBAYA PADA ANAK KORBAN BULLYING DI SEKOLAH DASAR NEGERI SARIREJO SEMARANG

Desi Dika Riskiana, Sri Hartini M.A, S. Eko Purnomo

Abstract


Bullying merupakan situasi dimana seseorang yang kuat (bisa secara fisik maupun mental), menekan, memojokkan, melecehkan, menyakiti yang lemah dengan sengaja dan berulang-ulang untuk menunjukkan kekuasaannya.Terdapat siswa yang kurang bisa berinteraksi dengan semua teman-temannya, sehingga anak tersebut tidak memiliki teman.Salah satu tindakan untuk mengatasi bullying adalah dengan diberikan permainan. Bermain merupakan cara ilmiah bagi seorang anak untuk mengungkapkan konflik yang ada dalam dirinya yang pada awalnya anak belum sadar bahwa dirinya sedang mengalami konflik. Salah satunya adalah permainan Crocodile River.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Crocodile River terhadap motivasi bersosialisasi anak akibat Bullying di SD N Sarirejo Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment dengan rancangan pre post test without control. Jumlah sampel 70 responden.Jumlah responden perempuan lebih banyak yaitu 41 responden (58.6%), sedangkan responden laki-laki sebanyak 29 responden (41.4%).  Karakteristik responden berdasarkan bullyingusiapaling rendah 9 th (7,1%) usia 10 th (40,0%) usia 11 th (50,0%) dan paling tinggi usia 12 th (2,9%). Skor rata-rata sebelum diberikan terapi permainan adalah 21,56. Skor rata-rata setelah diberikan terapi permainan adalah 24,54. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh (r = 0,672) terapi permainan Crocodile River terhadap para siswa dengan lemahnya besosialisasi akibat bullying dengan nilai p value 0,000 (α < 0,05). Saran dari penelitian ini diharapkan bagi siswa korban bullying agar dapat mempertahankan value yang sudah diajarkan pada permainan Crocodile River


Full Text: PDF