HUBUNGAN CARING PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP DI SMC RS TELOGOREJO SEMARANG

Yasmini -, Widjijati -, Rinami, Santi, Wiwit, Hanum, Nena Purwasih, Sersanti, Lavisa, Ivon

Abstract


Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa layanan. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan diwujudkan dengan sikap caring salah satunya peduli, simpati, bertanggung jawab, dan ramah dalam pelayanan keperawatan. Perilaku caring perawat berperan dalam menentukan kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan satu elemen yang penting dalam mengevaluasi kualitas layanan dengan mengukur sejauh mana respon pasien setelah menerima jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan caring perawat pelaksana dengan kepuasan pasien dan mengidentifikasi karakteristik pasien dengan kepuasan pasien. Penelitian ini termasuk penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional, jumlah sampel 98 responden dengan tekhnik total sampling. Hasil analisa univariat menunjukkan karakteristik pasien rawat inap di SMC RS Telogorejo Semarangpaling banyak meliputi jenis kelamin perempuan 50 orang (51%), berpendidikan rendah  52 orang  (53,1%), usia pasien < 42 dan ≥ 42 tahun sama yaitu sebanyak 49 orang (50%),  lama hari rawat ≥ 4 hari sebesar 54 (55,1%), untuk perilaku caring yang dipersepsikan oleh pasien (70,4%) dan kepuasan pasien menyatakan puas (56,1%). Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan antara jenis kelamin (p=1,000) dan lama hari rawat (p=0,799) terhadap kepuasan pasien rawat inap, terdapat hubungan yang signifikan antara umur (p=0,000), tingkat pendidikan (p=0,000), dan  caring perawat pelaksana dengan kepuasan pasien (p=0,003). SMC RS Telogorejo Semaranghendaknya memperhatikan faktor-faktor yang dianggap pasien paling penting dalam menentukan kepuasan pasien seperti kenyamanan ruang rawat inap, meningkatkan dan mempertahankan fungsi kelengkapan fasilitas di ruangan dan memberikan pelayanan keperawatan yang didasarkan rasa empati, peduli, dan ramah terhadap pasien dan meningkatkan pengawasan serta memberikan motivasi kepada perawat agar berperilaku caring.

 

 

Kata Kunci : Caring, perawat, kepuasan, dan pasien

Full Text: PDF