Analisis Kimia Buah Semangka (Citrullus lanatus L) dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Produksi ASI

Unza Izzati, Danik Sulistyoningsih

Abstract


Latar belakang : Buah semangka memiliki kandungan vitamin A dan C, asam folat, polifenol dan mineral kalium, tetapi rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan natrium. Kandungan vitamin A pada semangka dipercaya membantu produksi ASI menjadi berlimpah, sekaligus dapat mencukupi kebutuhan vitamin A pada Mama yang mengalami peningkatan hingga satu setengah kali di masa menyusui. Keuntungan lainnya, kadar air yang tinggi pada semangka sangat baik untuk asupan cairan tubuh. Dalam sehari, Mama menyusui setidaknya minum 8 gelas cairan (Prajnanta, 1996). Dengan adanya polifenol pada beberapa jenis tanaman dapat mempengaruhi peningkatan produksi ASI. Selain itu peningkatan peoduksi ASI dipengaruhi oleh hormon oksitosin dan hormon prolaktin (Lany, 2010). Peningkatan kedua hormon ini dipengaruhi oleh protein yaitu polifenol dan asam amino yang ada pada buah semangka yang juga mempengaruhi hormon prolaktin untuk memproduksi ASI dengan cara merangsang alveoli yang bekerja aktif dalam pembentukan ASI. Peningakatan hormon oksitoksin akan membuat ASI mengalir deras dibanding dengan biasanya. Selain itu semangka mempunyai kandungan B1 yang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui.

Tujuan : Mengetahui pengaruh peningkatan penggunaan buah semangka (Citrullus lanatus) pada produksi ASI.

Metode : Penelitian ini merupakan penilitian eksperimental laboratorium dengan skrining fitokimia untuk mengetahui kandungan yang ada pada buah semangka (Citrullus lanatus)

Hasil    : Hasil dari penelitian dan pengamatan yang telah dilakukan memberikan  simpulan bahwa hasil dari pengujian skrining fitokimia pada buah semangka mengandung senyawa alkaloid dan saponin. Selain itu, Buah Semangka mengandung vitamin C dan A yang cukup banyak sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan produksi ASI.

Kesimpulan     : Hasil dari penelitian dan pengamatan yang telah dilakukan memberikan  simpulan bahwa buah Semangka mengandung vitamin C dan A yang cukup banyak sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan produksi ASI.

Kata kunci      : Semangka, Peningkatan ASI, Produksi ASI


Full Text:

Untitled

Article Metrics

Abstract view : 166 times
Untitled - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.