ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI KELUARGA DALAM MEMANFAATKAN PELAYANAN KLINIK PRATAMA DI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL

Cicilia Ninik Sulistiyani, Nella Vallen

Abstract


Niat merupakan dasar dari sebuah perilaku muncul, maka dari itu tanpa ada  intensi atau niat tidak mungkin ada juga sebuah perilaku. Perilaku yang dimaksud adalah perilaku keluarga dalam memanfaatkan klinik pratama. Klinik ini di sediakan untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan ibu dan anak mulai dari pemeriksaan kehamilan sampai pada penanganan anak sakit.. Hasil wawancara yang dilakukan terhadap 15 warga di Kecamatan Boja memberikan hasil bahwa 90 % menyatakan ingin ada klinik swasta yang buka 24 jam sehingga kalau ada masyarakat yang sewaktu-waktu mengalami masalah kesehatan atau sakit mendadak, kecelakaan langsung bisa di bawa ke klinik tersebut. Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal tahun 2014 menyebutkan bahwa pemanfaatan Puskesmas di Kecamatan Boja mencapai angka 86,7% dan 40,3 % oleh klinik swasta. Angka ini tetu saja masih memberikan  potensi bagi fasilitas kesehatan milik swasta untuk ikut berperan dan berkembang dalam penyediaan layanan kesehatan di wilayah Kecamatan Boja.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruh intensi keluarga dalam memanfaatkan klinik pratama di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif deskripsi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga (KK) di Kecamatan Boja dengan jumlah 18.835 KK yang terbagi dalam 18 desa dengan jumlah responden 100 KK yang diambil proportional  random sampling. Alat pengumpul data dengan kuesioner dimana data dianalasis dengan analisis univariat, bivariate dan multivariate.

Hasil penelitian adalah dari 100 responden pekrtjaan terbanyak adalah petani 68 (69 %) dan pekerjaan PNS dan swasta sebanyak 16 (16 %). pendapatan terbanyak adalah < 1.000.000 sebanyak 54 ( 54 %) dan pendapatan antara 1.500.000-2.000.000 paling sedkit dengan jumlah 10 (10 %). sikap  kuat sebanyak 51 (51 %) dan yang memiliki sikap rendah sebanyak 49 (49%). memiliki normakuat sebanyak 55 (55 %) dan yang memiliki norma renmdah sebanyak 45 (45%). memiliki pengendalian perilaku kuat sebanyak 48 (48 %) dan yang memiliki pengendalian perilaku  renmdah sebanyak 52 (52%). memiliki intensi positif sebanyak 56 (56 %) dan yang memiliki intensi negative  sebanyak 44 (44%). Terdapat pengaruh signifikan  sikap terhadap intensi keluarga dalam memanfaatkan klinik pratama dengan nilai korelasi 0,679 dan nilai p = 0,00 , terdapat pengaruh signifikan  norma subjektif terhadap intensi keluarga dalam memanfaatkan klinik pratam dengan nilai korelasi 0,670 dan nilai p = 0,00 (p< 0,05), terdapat pengaruh signifikan  pengendalian perilaku  terhadap intensi keluarga dalam memanfaatkan klinik pratam dengan nilai korelasi 0,640 dan nilai p = 0,00. Hasil uji regresi dengan nilai t = 44,96 dan nilai p = 0,00. Karena nilai p < 0,05 hal ini berarti ada pengaruh secara bersama-sama antara sikap, norma subjektif  dan pengendalian perilaku terhadap intensi keluarga dalam memanfaatkan klinik pratama di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkanintensi untuk memanfaatkan klinik keyakinan, norma dan pengendalian diri. Dengan cara mengkomunikasikan kepada masyarakat tentang manfaat klinik pratama, memberikan informasi kepada seluruh kelompok masyarakat.

Kata kunci : sikap, norma subjektif, pengendalian perilaku

Full Text: PDF