HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA SURUHAN LOR KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Reni Oktavia Sari

Abstract


Anak bukan dewasa dalam bentuk kecil, karena anak mempunyai sifat dan kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa. Peran orang tua sebagai pengasuh sangat besar terhadap perkembangan anak. Pola asuh yaitu bagaimana orang tua mengontrol, membimbing dan mendampingi anak-anaknya untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangannya menuju kedewasaan. Salah satu aspek perkembangan yang harus dipantau adalah perkembangan motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik halus anak usia 4-6 tahun di TK Dharma Wanita Suruhan Lor kecamatan Bandung kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua dan anaknya di TK Dharma Wanita Suruhan Lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung sebanyak 32 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk orang tua dan DDST II untuk observasi anak. Analisa data dilakukan dengan menggunakan Kruskal-Wallis.

Hasil penelitian diperoleh nilai p-value sebesar 0,042(p<0,05), hal ini berarti ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik halus anak usia 4-6 tahun.

Disarankan untuk orang tua untuk menggunakan pola asuh yang sesuai dan memahami kondisi anak karena setiap anak berbeda-beda. Masih banyak orang tua yang menyamaratakan penerapan model pola asuh kepada semua anaknya karena pasti akan menuai pertentangan dari anak, keluh kesah serta hasilnyapun akan mengecewakan.

Kepustakaan    : 35 (2003-2010)
Kata kunci       : Pola Asuh, Perkembangan Motorik Halus


Full Text: PDF