HUBUNGAN USIA DAN JADWAL DINAS PERAWAT DENGAN KEPEDULIAN PERAWAT TERHADAP BEL PANGGILAN PASIEN DI RUMAH SAKIT TELOGOREJO SEMARANG
Abstract
Salah satu faktor yang mendukung mutu pelayanan keperawatan adalah sikap kepedulian (caring) perawat terhadap pasien. Kepedulian (caring) merupakan manifestasi perhatian kepada orang lain, berpusat pada orang, menghormati harga diri dan kemanusiaan. Kepedulian (caring) tersebut dipengaruhi oleh faktor psikologis, faktor organisasi dan faktor individu. Faktor individu meliputi umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, lama kerja, status perkawinan dan status kepegawaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia dan jadwal dinas perawat dengan kepedulian perawat terhadap bel panggilan pasien di Rumah Sakit Telogorejo Semarang. Jenis penelitian ini adalah eksplanation, jumlah sampel 17 responden dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kepedulian perawat terhadap bel panggilan pasien dengan usia di Rumah Sakit Telogorejo Semarang dengan (p=0,015) < (ά=0,05), serta ada hubungan antara kepedulian perawat terhadap bel panggilan pasien dengan jadwal dinas di Rumah Sakit Telogorejo Semarang dengan (p=0,015) < (ά=0,05). Pada analisis univariate diketahui bahwa responden dengan kepedulian terhadap bel panggilan pasien dengan waktu ≤ 3 menit sebanyak 9 orang (52,9%), responden yang berusia antara 21-30 tahun sebanyak 10 orang (58,8%), responden yang melakukan jadwal dinas pagi sebanyak 8 orang (47,1%).
Kata Kunci : Kepedulian, Caring, Usia, Jadwal Dinas