PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR YANG TINGGAL DI DAERAH TERKENA ROB DAN TIDAK TERKENA ROB DI SDN BANDARHARJO 02
Abstract
Secara langsung maupun tidak langsung keadaan lingkungan tempat tinggal, suasana sekitar dan iklim secara psikologis sangat penting dalam mempengaruhi minat dan motivasi belajar anak. Lingkungan yang sering terkena banjir misalnya, akan mempengaruhi kesehatan siswa dan fasilitas sekolah yang akhirnya menurunkan minat dan motivasi dalam sekolah dan rendahnya prestasi seperti di SDN Bandarharjo 02 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar anak sekolah dasar kelas 5 dan 6 yang tinggal di daerah rob dan selain daerah rob di SDN Bandarharjo 02 wilayah Semarang Utara. Penelitian menggunakan desain deskriptif komparatif. Sampel diambil secara sampling jenuh. Alat penelitian menggunakan hasil proses belajar mengajar dalam raport kelas yang ditunjukkan dengan nilai rata –rata raport kelas semester 1. Kemudian data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan Chi-Squre. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan prestasi belajar anak sekolah dasar yang tinggal di daerah terkena rob dan tidak terkena rob di SDN Bandarharjo 02 Semarang Utara (nilai p=0,000). Orang tua murid sebaiknya selalu memberikan sebuah dorongan dan perhatian dalam kegiatan belajar anaknya sebagai motivasi kepada anaknya tersebut meski dalam kondisi lingkungan rob.
Kata kunci : Banjir Rob, Prestasi Belajar