PERBEDAAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN YANG MENGIKUTI PLAYGROUP DAN TIDAK MENGIKUTIPLAYGROUP DI KB DEWI SARTIKA DUKUHSETI PATI

Ika Aulia Aprilina, Sri Hartini, Achmad Solechan

Abstract


Pendidikan merupakan investasi terpenting yang dilakukan orang tua untuk masa depan anaknya. Pendidikan juga menjadi salah satu pembentuk pondasi bagi tumbuh dan berkembangnya seorang anak untuk memperoleh masa depan yang lebih baik. Pendidikan dalam tahap perkembangan anak merupakan suatu kebutuhan sebagaimana kebutuhan lainnya. Pendidikan anak usia dini dapat dilakukan dirumah ataupun di sekolah (misalnya playgroup). Banyak ditemukan anak yang tidak mengikuti playgroup mengalami keterlambatan dalam perkembangan motorik halusnya, ini disebabkan kurangnya stimulasi dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan motorik halus anak yang mengikuti playgroup dan tidak mengikuti playgroup di KB Dewi Sartika Dukuhseti Pati. Desain penelitian ini menggunakan studi komparatif, sampel dalam penelitian ini adalah anak yang mengikuti playgroup dan anak yang tidak mengikuti playgroup. Masing- masing jumlah sampel sebanyak 25 responden. Teknik sampling yang digunakan pada responden playgroup yaitu total sampling, sedangkan yang tidak mengikuti playgroup menggunakan purposive sampling. Hasil uji mann-whitney di dapatkan nilai p value 0,02, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan perkembangan motorik halus anak yang mnegikuti playgroup dengan anak yang tidak mengikuti playgroup.

Full Text: PDF