PENGARUH TERAPI BERMAIN KOSAKATA TERHADAP KOMUNIKASI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI YAYASAN PENYANDANG ANAK CACAT (YPAC) SEMARANG

Ria Cahyaningrum, Dera Alfiyanti, Eko Purnomo

Abstract


Tunagrahita sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, terutama tumbuh kembang komunikasi sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi karakteristik jenis kelamin anak tunagrahita, menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi sosial anak tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain kosakata di YPAC Semarang. Desain penelitian ini adalah pre dan post test design, jumlah sampel 36 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara terapi bermain kosakata terhadap komunikasi sosial anak tunagrahita. Pada karakteristik jenis kelamin anak tunagrahita terdapat 22 (61,1%) berjenis kelamin perempuan dan 14 (38,9%) berjenis kelamin laki-laki. Hasil penelitian responden tunagrahita sebelum diberikan terapi bermain kosakata sebanyak 17 (47,2%) anak komunikasi sosialnya tidak baik dan setelah diberikan terapi bermain kosakata mengalami peningkatan menjadi 33 (91,7%) anak. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji wilcoxon, diperoleh nilai Z (5,1898) dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Sehingga disimpulkan ada pengaruh terapi bermain kosakata terhadap komunikasi sosial anak tunagrahita di YPAC Semarang. Saran dalam penelitian ini adalah berikan pengertian kepada keluarga siswa mengenai pentingnya melatih komunikasi sosial pada anak tunagrahita, keluarga dapat menerapkan terapi ini dengan cara menggunaka media video atau boneka tangan.

Full Text: PDF