EFEKTIVITAS BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA JARI TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK AL-FIRDAUS BATURSARI MRANGGEN

Siska Dyah Ratnasari, Sri Hartini, Rahayu Astuti

Abstract


Perilaku mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, sebagai bagian dari ritual keagamaan, ataupun tujuan-tujuan lainnya. Diperkirakan mencapai 21,2% yang tidak patuh mencuci tangan. Bercerita dengan media boneka jari dapat digunakan sebagai media untuk mengajarkan cara mencuci tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bercerita dengan media boneka jari terhadap perilaku mencuci tangan pada anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan One Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun di TK Al-firdaus Batursari Mranggen. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh yang melibatkan 33 responden. Hasil uji perbedaan perilaku mencuci tangan sebelum dan sesudah diberikan cerita dengan media boneka jari diperoleh p value =0,008 berarti p value <0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat efektivitas bercerita dengan media boneka jari terhadap perilaku mencuci tangan pada anak usia 4-6 tahun. saran untuk meningkatkan perilaku mencuci tangan pada anak usia 4-6 tahun dengan menggunakan media boneka jari.

Full Text: PDF