PENGARUH BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA GIGI TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU CARA MENGGOSOK GIGI DENGAN BENAR PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PERTIWI 07 MIJEN SEMARANG
Abstract
Perilaku menggosok gigi adalah tindakan yang dilakukan agar gigi benar-benar bersih tidak ada sisa makanan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Diperkirakan mencapai 60-80% angka prevalensi karies gigi di Jawa Tengah. Bercerita menggunakan media boneka gigi dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku cara menggosok gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bercerita dengan media boneka gigi terhadap peningkatan cara menggosok gigi pada anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Eksperiment dengan rencana One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun di TK Pertiwi 07 Mijen Semarang. Metode pengambilan sample dengan menggunakan total sampling yang melibatkan 31 responden. Hasil uji perbedaan perilaku cara menggosok gigi sebelum dan sesudah diberikan cerita menggunaakan media boneka gigi dengan uji korelasi Spearmen nilai r =0,786 dengan p value = 0,000 yang berarti p value < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh bercerita dengan media boneka gigi terhadap peningkatan cara menggosok gigi pada anak usia 4-6 tahun. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan ketaatan menggosok gigi pada anak usia 4-6 tahun.