PENGARUH KOMBINASI IMAJINASI TERBIMBING DAN AROMA TERAPI LAVENDER TERHADAP PENURUNAN NYERI PASIEN PASCA BEDAH DENGAN GENERAL ANESTESI DI RS TELOGOREJO SEMARANG

Via Untari, Sri Puguh Kristiyawati, M. Syamsul Arif

Abstract


Pembedahan merupakan tindakan yang menggunakan teknik invasif dengan membuka atau menampilkan bagian tubuh yang akan ditangani melalui sayatan yang diakhiri dengan penumpan dan penjahitan luka. Dalam melakukan prosedur pembedahan diperlukan anestesi untuk mengurangi rasa nyeri, salab satunya dengan general anestesi. Pada saat pasien sadar dari anestesi general maka rasa nyeri menjadi sangat terasa. Nyeri merupakan sensasi ketidaknyamanan yang dimanifestasikan sebagai penderitaan yang diakibatkan oleh persepsi jiwa yang nyata, ancaman, dan fantasi luka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kombinasi imajinasi terbimbing dan aroma terapi lavender terhadap penurunan nyeri pasien pasca bedah dengan general anestesi di Rumah Sakit Telogorejo Semarang.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Design, dilakukan pada 23 responden dengan teknik Accidental sampling. Uji yang digunakan menggunakan paired sampel t-test.
Hasil: Hasil uji menunjukkan ada pengaruh kombinasi imajinasi terbimbing dan aroma terapi lavender terhadap penurunan nyeri pasien pasca bedah dengan general anestesi di Rumah Sakit Telogorejo Semarang dengan p-value 0,000<0,05. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan terapi non-farmakologi lainnya dan menggunakan sampel penelitian yang lebih besar lagi sehingga didapatkan hasil lebih baik.

Kata Kunci : Pembedahan, Nyeri, Relaksasi Imajinasi Terbimbing, Aroma Terapi Lavender


Full Text: PDF